-->
Cara Mudah Daftar Facebook

Cara Agar Windows Media Player Bisa Memainkan Video Avi

Video dengan format avi adalah salah satu format paling populer saat ini. Biasa file ini di gunakan untuk video clip dan lain sebagainya. Video dengan format avi membutuhkan pemtar tersendiri sehingga untuk windows media player masih belum support untuk itu. Nah. untuk memutar video dengan format avi ini ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan agar windows media player bisa memainkan video avi.

Pada artikel ini, saya akan berbicara tentang alasan mengapa video Avi mungkin gagal dimainkan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.


cara agar windows media player bisa memainkan avi

Memahami Format AVI

Pemahaman tentang format Avi adalah hal pertama yang Anda butuhkan. Untuk memahami tentang Avi, alias Audio Video Interlaced, adalah bahwa ia adalah format container yang sangat tua yang diciptakan oleh Microsoft di  tahun 1992.

Ini berarti bahwa file Avi mengandung data audio dan video Stream yang dapat dimainkan secara sinkron. hal ini penting karena format audio atau video Stream dapat berbeda dalam Container Avi. sebagai contoh, video stream bisa dimampatkan menggunakan DivX, XviD, h.264, vp9 atau MPEG-4 codec.

jika file Avi Anda berisi video Stream yang menggunakan codec yang lebih modern untuk kompresi, Windows Media Player mungkin tidak dapat memainkannya karena tidak bisa dekompresi codec tertentu.


Cara Agar Windows Media player bisa memutar video Avi

Untuk mengatasi masalah windows player yang tidak support dengan format avi,maka ada beberapa cara untuk mengatasinya.



  1. Menginstal WMP versi yang lebih baru 
  2. Mengkonversi video ke format lain seperti mp4, WMV, dll.
  3. Menginstal codec yang diperlukan pada sistem Anda. Sehingga Windows media player dapat melakukan dekompresi video stream atau 
  4. Menggunakan media player lain seperti VLC, yang sudah mendukung hampir setiap codec di luar sana. 


Versi Terbaru dari WMP

versi terbaru dari WMP tergantung pada versi Windows, Anda mungkin bisa memperbaiki masalah dengan hanya upgrade Windows, yang akan memberi Anda versi terbaru dari WMP. jika Anda menjalankan Windows XP atau Windows Vista, versi terbaru yang akan bekerja pada sistem operasi tersebut adalah Windows Media Player 11. jika menjalankan Windows 7 atau lebih tinggi, maka Anda menjalankan versi 12. Versi 12 bisa memainkan paling banyak format, termasuk mp4, MOV, AAC, h.264 dan m2ts.

jika Anda menjalankan Vista atau XP, mungkin sebaiknya mesin diupgrade. Namun bukan hanya karena sekedar untuk mendapatkan versi Windows media player yang lebih baik!

Sayangnya, XP dan Vista pengguna akan harus membayar untuk meng-upgrade mesin mereka untuk Windows 10 atau berinvestasi dalam mesin baru.


Mengkonversi Video Avi

jika Anda harus mengkonversi video Avi menggunakan Windows media player dan video mau berjalan, Anda dapat mencoba mengkonversi video ke format lain yang didukung. cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan program yang disebut HandBrake, yang gratis.

Perhatikan bahwa HandBrake akan mengkonversi video ke format mp4 menggunakan H.264 codec. Pengguna Vista dan XP tidak akan mampu memainkan video mereka menggunakan WMP 11. Bagi mereka, Anda bisa menyarankan untuk meng-upgrade seperti disebutkan sebelumnya atau menggunakan software pihak ketiga media player seperti VLC, yang saya sebutkan di bawah ini.

Hal ini terutama untuk Windows 7 atau lebih tinggi apabila Pengguna yang memiliki file Avi menggunakan codec lain yang tidak didukung di WMP 12.

HandBrake juga benar-benar mudah untuk digunakan. klik pada tombol Source, kemudian klik pada file dan Browse ke lokasi file Avi Anda. Setelah selesai, Anda dapat tinggal klik tombol Start. File Anda akan dikonversi menjadi file mp4 di direktori yang sama sebagai file video asli.

Baca juga :
Cara Terbaru Membuat Format Video Di Flashdisk Bisa Dimainkan di DVD Player
6 Cara Mudah Merubah Semua Format Video Terpopuler Dg Cepat


Menginstal Codec Pack Atau Gunakan VLC

Jika masalahnya adalah terkait dengan codec dan Anda harus menggunakan Windows Media Player, satu-satunya pilihan lain adalah untuk men-Download codec pack. Dulu, hal ini sangat Umum, tapi saat ini menjadi langka. Anda harus berhati-hati ketika men-Download codec pack karena beberapa dari mereka berisi malware, virus, dll dan akan merusak sistem Anda.

Saya sangat merekomendasikan men-Download VLC Media Player karena sudah mengandung semua codec lama dan modern secara bawaan dan aman.


Sobat bisa mendownload Codec pack VLC disini


File Avi Rusak

Selain masalah codec, Anda mungkin juga memiliki masalah memainkan file Avi jika korup atau rusak. Biasanya, masalah ini diperbaiki menggunakan software pihak ketiga.

Jika file Avi tidak korup, maka itu bisa jadi ada masalah dengan WMP itu sendiri. ada beberapa lebih solusi yang mungkin di bawah ini.

Masalah Windows Media Player

Satu solusi sederhana yang mungkin dilakukan adalah untuk memastikan bahwa jenis file memang dikaitkan dengan WMP. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Windows media player, pergi ke Tools dan kemudian klik Options. Catatan ini adalah hanya untuk WMP versi lama.



sekarang klik pada jenis file Tab dan memastikan bahwa Avi dipilih dalam daftar. jika itu tidak dipilih, mungkin alasan mengapa Anda video tidak bermain. ]

cara media player support video avi



solusi lain, yang telah berhasil, adalah dengan menggunakan system restore untuk kembali ke kondisi sistem sebelumnya. jika WMP mampu memutar file Avi sebelumnya, tapi sekarang tidak bisa, pemulihan sistem mungkin memecahkan masalah.

Anda juga dapat mencoba untuk menjalankan System File Checker di DOS, yang memeriksa semua sistem file dan menggantikan rusak atau yang dihapus dengan aslinya. Anda dapat menjalankan perintah dengan klik tombol Start, Run dan mengetikkan CMD. pada prompt, ketik berikut:

SFC / scannow 

jika Anda masih tidak bisa memainkan file Avi pada Windows media player, silakan memasukkan komentar dan saya akan mencoba untuk membantu!
13 November 2017, Diposting Oleh : Masim

You Might Also Like: