Perlukah Berhenti Untuk Mengakses Facebook ?

Perlukah Berhenti Untuk Mengakses Facebook - Demam sosial media semakin merajalela rasanya seperti tidak mungkin jika kita tidak memakai aplikasi bahkan dalam satu hari saja. cara mencari teman dan bersosialisasi semakin mudah sehingga mereka semakin asik dalam sebuah lingkaran yang sulit untuk  keluar dari itu semua. facebook adalah salah satu sosial media yang mendominasi sehingga banyak juga yang kecanduan dengan facebook. namun jika sobat ingin mengetahui apa saja alasan sehngga sobat lebih baik tidak menggunakan sosial media.  Demam bermain jejaring sosial Facebook tidak hanya melanda orang dewasa saja bahkan tidak jarang kita menjumpai banyak sekali anak SD yang mempunyai akun Facebook dan aktif menggunakan Facebook. Dibalik dampak positifnya ternyata terlalu kecanduan menggunakan Facebook bisa menimbulkan pengaruh negatif. Karenanya kami akan memberitahukan alasan mengapa harus menghentikan Facebook. sobat tentunya cukup memahami jika sesuatu yang dilakukan secara berlebihan sebaiknya dihindari karena bisa memberikan dampak negatif. Sama halnya dengan bermain Facebook yang mana jika terlalu kecanduan dan terlalu sering bermain Facebook bisa memberikan dampak negatif bagi sobat di dunia nyata. Bahkan banyak psikolog anak yang mengungkapkan keprihatinan mereka terkait maraknya penggunaan Facebook dikalangan anak-anak.



Beberapa Alasan Mengapa Perlu Untuk Berhenti Mengakses Facebook


Para psikolog anak tersebut juga menyanyangkan sikap orangtua yang cenderung memberikan ijin kepada buah hatinya dalam mengakses jejaring sosial ini. Menurut mereka seorang anak harus belajar bersosialisasi dengan teman sebaya mereka secara langsung sebab hal ini akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan perilaku serta perkembangan mental anak tersebut. Jika anak tersebut sudah mengenal Facebook sejak dini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kejiwaan sang anak apalagi banyak pengguna Facebook yang menuliskan atau menaruh foto, video atau link yang sebenarnya tidak pantas  dilihat oleh anak-anak. Belum lagi bahaya yang senantiasa mengancam melalui jejaring sosial seperti kasus penculikan atau pelecehan seksual yang mayoritas korbannya masih berusia dini.

Alasan lainnya adalah bisa membuat seseorang menjadi berperilaku anti sosial. Perilaku anti sosial bisa terbentuk apabila seseorang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dunia maya dibandingkan bersosialisasi langsung di dunia nyata. Selain membuat orang tersebut menjadi sulit bersosialisasi secara langsung juga bisa membuat orang yang bersangkutan memiliki rasa rendah diri, emosi yang tidak stabil dan cenderung dijauhi oleh teman atau orang-orang di lingkungan tempat tinggalnya karena jarang bersosialisasi. Yang paling parah lagi juga sudah benar-benar kecanduan dengan Facebook bisa membuat mereka menjadi malas belajar sehingga nilai akademis mereka juga ikut turun.

Terlalu lama menggunakan Facebook entah melalui perangkat ponsel atau melalui komputer setiap hari selama berjam-jam bisa mengakibatkan iritasi pada mata karena paparan sinar dari layar ponsel dan komputer. Belum lagi Facebook memiliki banyak permainan yang menarik dan banyak orang yang rela begadang semalaman hanya untuk bermain permainan kesukaan mereka di Facebook. Kebanyakan yang kecanduan bermain Facebook didominasi oleh usia muda terutama di kalangan pelajar yang masih cukup labil dan sedang dalam proses pencarian jati diri. Itulah alasan mengapa harus menghentikan Facebook yang perlu sobat ketahui. Menggunakan Facebook tidaklah dilarang asalkan jangan sampai sobat kecanduan dengan jejaring sosial Facebook.

0 comments:

Post a Comment

 
Advertisement